Jumat, 28 Juni 2019

DESKRIPSI TUGAS PENGANTAR ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS

DESKRIPSI TUGAS PENGANTAR ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS



Nama Mata Kuliah : Peng. Animasi & Desain Grafis
Program Studi : Sistem Informasi
Fakultas           : FIKTI
Dosen : Imam Ahmad Trinugroho, ST., MMSI.
Pertemuan ke : 1
Nama : Novinda Prasasti
Npm         : 15116503


1. Buatlah ringkasan materi untuk Prinsip animasi dengan topik yang ditulis meliputi adegan mana yang menerapkan prinsip animasi serta berikan alasannya!

2. Buatlah ringkasan materi untuk Fungsi Prinsip animasi dengan topik yang ditulis meliputi Fungsi Prinsip animasi mana yang diterapkan serta berikan alasannya!

Jawab :

Contoh - contoh Prinsip Animasi

1. Exaggeration (Melebih-lebihkan)
Animasi bisa dilebih-lebihkan dengan musik, latar belakang atau gambar. Orang digambarkan dengan mata besar yang menunjukkan keterkejutan. Ini bisa kita lihat di film-film kartun korea selatan, bagaimana komedi animasi computer Dua Larva Besar dan Kecil mempunyai karakter bergerak untuk menunjukkan kecepatan gerak dari animasi tersebut.

Exaggeration merupakan upaya mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis. Dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat sebagai bentuk ekstrimitas ekspresi tertentu dan biasanya digunakan untuk keperluan komedi.

Alasannya: Karena Larva adalah sebuah serial televisi komedi animasi computer yang mampu menampilkan Peran Dua Larva dibuat untuk ditonton usia anak-anak hingga dewasa.


2. Appeal (Daya Tarik Karakter)
Appeal berkaitan dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi. Kita bisa dengan mudah mengidentifikasi gaya animasi buatan Jepang dengan hanya melihatnya sekilas. Kita juga bisa melihat style animasi buatan Disney atau Dreamworks cukup dengan melihatnya beberapa saat. Hal ini karena mereka memiliki gaya tersendiri dalam pembuatan karakter animasi.

Ada juga yang berpendapat bahwa appeal adalah tentang penokohan, berkorelasi dengan ‘kharisma’ seorang tokoh atau karakter dalam animasi. Sehingga visualisasi animasi yang ada bisa mewakili karakter/sifat yang dimiliki.

Daya tarik karakter tersebut harus bisa mempengaruhi emosi penonton. Misalkan tampangnya yang bodoh sehingga membuat penonton tertawa atau tampang yang tak berdosa sehingga membuat penonton merasa kasihan.

Alasannya: supaya penonton seperti anak-anak hingga dewasa tidak bosan dan merasa menikmati tontonan animasi tersebut.


0

0 komentar:

Posting Komentar