Minggu, 21 Januari 2018

Contoh Laporan Akhir Picture Clause pada COBOL

Picture Clause  : untuk menuliskan jenis tipe data variabel dan juga digunakan  untuk menampilkan bentuk data output.
Macam macam Picture Clause :
1.    Pic 9 : angka numerik yang bersifat rata kanan
2.    Pic V : angka desimal
3.    Pic X : huruf dan angka
4.    Pic S : angka numerik bertanda negatif ( - )
5.    Pic A : huruf rata kiri

Picture Editing :  untuk merubah data yang akan ditampilkan pada output.
Macam macam Picture Editing :

1. Pic Z :  untuk menghilangkan angka 0 ( nol )
2. Pic $ : untuk output simbol lambang $
3. Pic ( . ) & ( , ) :  untuk tanda koma dan titik
4. Pic ( - ) : untuk tanda minus
5. Pic ( + ) : untuk tanda plus
6. Pic B : untuk memberi jarak / blank
7. Pic 0 : untuk menyisipan angka nol dimana data itu berada
8. Pic ( / ) : untuk menyisipkan tanda ( / )















nama program ini yaitu “Output” dan pada bagian WORKING-STORAGE SECTION itu adalah tempat untuk menyatakan tipe data dan variabel yang akan kita pakai saat membuat program.

PIC A (20) berfungsi untuk menampilkan dan menyatakan variabel yang tipe datanya “character” dan angka yang berada di dalam kurung berfungsi untuk menentukan berapa jumlah karakter yang dapat kita tulis/isi.

PIC 9 (8) berfungsi untuk menampilkan dan menyatakan variabel yang tipe datanya “numeric” dan angka yang berada di dalam kurung berfungsi untuk menentukan berapa jumlah karakter yang dapat kita tulis/isi.

BARIS PIC X (15) berfungsi untuk menampilkan dan menyatakan variabel yang tipe datanya “numeric & character” dan angka yang berada di dalam kurung berfungsi untuk menentukan berapa jumlah karakter yang dapat kita tulis/isi.

SCREEN SECTION digunakan untuk menentukan format layar tampilan
CLS untuk membersihkan tampilan layar
BLANK SCREEN untuk membuat tampilan bersih saat memulai program

Baris 4 kolom ke 8 untuk memasukkan nama
Baris 5 kolom ke 8 untuk memasukkan npm
Baris 6 kolom ke 8 untuk memasukkan kelas
Baris 7 kolom ke 8 untuk memasukkan uts
Baris 8 kolom ke 8 untuk memasukkan uas
Baris dan kolom ditulis sesuai kebutuhan










Pada codingan ini MULAI berfungsi untuk memulai program. Lalu DISPLAY berfungsi untuk menampilkan, sama seperti PRINT. ACCEPT NAMA untuk membaca variable dan menyimpannya untuk ditampilkan. ACCEPT NAMA untuk membaca hasil inputan pada program bagian nama. COMPUTE TOTAL = ( UTS * 0.7 ) + ( UAS * 0. 3 ) , untuk menghitung total nilai dari hasil inputan nilai uts dan nilai uas. Nilai uts dikalikan dengan 0.7, dan nilai uas dikalikan dengan 0.3, lalu kedua hasil tersebut ditambahkan.

Setelah program sudah dibuat, sebelum menjalankannya, program harus di compile terlebih dahulu untuk mengetahui kesalahan / error yang terjadi pada program.

Output


0

0 komentar:

Posting Komentar