Picture Clause : untuk menuliskan jenis tipe data
variabel dan juga digunakan untuk
menampilkan bentuk data output.
Macam macam Picture Clause :
1. Pic 9 : angka numerik yang
bersifat rata kanan
2. Pic V : angka desimal
3. Pic X : huruf dan angka
4. Pic S : angka numerik bertanda
negatif ( - )
5. Pic A : huruf rata kiri
Picture Editing : untuk merubah data yang akan
ditampilkan pada output.
Macam macam Picture Editing :
1.
Pic Z : untuk menghilangkan angka 0 (
nol )
2. Pic $ : untuk output simbol lambang $
3. Pic ( . ) & ( , ) : untuk tanda koma dan titik
4. Pic ( - ) : untuk tanda minus
5. Pic ( + ) : untuk tanda plus
6. Pic B : untuk memberi jarak / blank
7. Pic 0 : untuk menyisipan angka nol dimana data itu berada
8. Pic ( / ) : untuk menyisipkan tanda ( / )
2. Pic $ : untuk output simbol lambang $
3. Pic ( . ) & ( , ) : untuk tanda koma dan titik
4. Pic ( - ) : untuk tanda minus
5. Pic ( + ) : untuk tanda plus
6. Pic B : untuk memberi jarak / blank
7. Pic 0 : untuk menyisipan angka nol dimana data itu berada
8. Pic ( / ) : untuk menyisipkan tanda ( / )
nama program ini yaitu “Output” dan pada bagian WORKING-STORAGE SECTION itu adalah tempat untuk menyatakan tipe data dan variabel yang akan kita pakai saat membuat program.
PIC A (20) berfungsi
untuk menampilkan dan menyatakan variabel yang tipe datanya “character” dan
angka yang berada di dalam kurung berfungsi untuk menentukan berapa jumlah
karakter yang dapat kita tulis/isi.
PIC 9 (8)
berfungsi untuk menampilkan dan menyatakan variabel yang tipe datanya “numeric”
dan angka yang berada di dalam kurung berfungsi untuk menentukan berapa jumlah
karakter yang dapat kita tulis/isi.
BARIS PIC X
(15) berfungsi untuk menampilkan dan menyatakan variabel yang tipe datanya
“numeric & character” dan angka yang berada di dalam kurung berfungsi untuk
menentukan berapa jumlah karakter yang dapat kita tulis/isi.
SCREEN SECTION
digunakan untuk menentukan format layar tampilan
CLS untuk
membersihkan tampilan layar
BLANK SCREEN
untuk membuat tampilan bersih saat memulai program
Baris 4 kolom
ke 8 untuk memasukkan nama
Baris 5 kolom
ke 8 untuk memasukkan npm
Baris 6 kolom
ke 8 untuk memasukkan kelas
Baris 7 kolom
ke 8 untuk memasukkan uts
Baris 8 kolom
ke 8 untuk memasukkan uas
Baris dan
kolom ditulis sesuai kebutuhan
Pada codingan ini MULAI berfungsi untuk memulai program. Lalu DISPLAY berfungsi untuk menampilkan, sama seperti PRINT. ACCEPT NAMA untuk membaca variable dan menyimpannya untuk ditampilkan. ACCEPT NAMA untuk membaca hasil inputan pada program bagian nama. COMPUTE TOTAL = ( UTS * 0.7 ) + ( UAS * 0. 3 ) , untuk menghitung total nilai dari hasil inputan nilai uts dan nilai uas. Nilai uts dikalikan dengan 0.7, dan nilai uas dikalikan dengan 0.3, lalu kedua hasil tersebut ditambahkan.
Setelah
program sudah dibuat, sebelum menjalankannya, program harus di compile terlebih
dahulu untuk mengetahui kesalahan / error yang terjadi pada program.
Output
0 komentar:
Posting Komentar